7 Cara Menjual Rumah dengan Cepat

7 Cara Menjual Rumah dengan Cepat
Dec 06, 2017 Property

7 Cara Menjual Rumah dengan Cepat

OLEH Admin Ray White Sentul City

Menjual atau memasarkan rumah memang tidak semudah yang dibayangkan. Kadang kala properti yang baik dan berlokasi strategis tidak kunjung laku terjual. Apa yang membuat sebuah rumah sulit dijual?
Hal ini bisa jadi karena strategi marketing yang kurang gencar. Adapun untuk mempermudah penjualan properti berikut diberikan 7 cara jitu yang bisa Anda jadikan panduan:

Lakukan Renovasi Secukupnya

Usia rumah yang sudah cukup tua boleh jadi menjadi kendala rumah sulit dijual. Sebenarnya Anda tidak perlu bingung karena dapat mengupayakan renovasi sebelumnya. Renovasi benar dibutuhkan guna mempercantik penampilan rumah agar menarik minat calon pembeli. Namun, hindari melakukan renovasi secara berlebihan, terlebih bila tujuan penjualan rumah dilakukan guna mendapat untung. Lakukan renovasi secukupnya sekedar untuk mengembalikan fungsi rumah dan membuatnya tampak indah. Pasalnya melakukan renovasi berlebih cenderung mengurangi keuntungan jual rumah.

Ekspos Lokasi dan Lingkungan

Coba ekspos lokasi dan fasilitas yang tersedia di lingkungan sekitar rumah yang dijual. Akan menjadi keuntungan bila rumah yang Anda jual dekat dengan beberapa tempat crucial seperti kantor, sekolah, supermarket, rumah sakit, dan lingkungan bersih.

Patok Harga Kompetitif

Harga di bawah harga pasar dapat merugikan pihak penjual, sebaliknya harga yang dipatok di atas harga pasar akan membuat properti sulit laku. Karenanya patok harga yang kompetitif. Guna mengetahui kisaran harga yang tepat, Anda bisa mengecek harga properti dengan kriteria serupa yang ditawarkan di wilayah sekitar.

jual rumah
Harga perumahan dijual murah

Legalitas Surat

Kelengkapan surat dan dokumen yang dibutuhkan menjadi satu pertimbangan pembeli membeli rumah yang dijual. Karenanya pastikan kelengkapan dan keabsahan surat dan dokumen seperti Hak Guna Bangunan, Hak Pakai, Girik, dan lain sebagainya. Adapun bila pemilih properti sudah meninggal dunia dan didapati lebih dari satu ahli waris, maka sebaiknya kuasa dilimpahkan kepada salah satu diantara ahli waris. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan jasa notaris guna memperlancar proses transaksi.

Manfaatkan Media Promosi

Agar agenda jual rumah cepat rampung Anda bisa memanfaatkan sejumlah media promosi yang ada. Misalnya dengan memasang iklan di koran, membuat pamflet, atau lainnya. Sekarang ini pun Anda bisa memanfaatkan kemudahan media online untuk cara promosi yang lebih mudah.

rumah murah
Pasang iklan di situs properti yang dikunjungi pencari rumah

Teknis Pembayaran

Teknis pembayaran yang merepotkan terkadang membuat transaksi jual beli rumah batal dilakukan. Guna mencegah terjadinya masalah dalam hal pembayaran, disarankan untuk meminta jasa notaris dalam hal membuat perjanjian proses pembayaran. Dalam hal ini dibutuhkan perjanjian hitam di atas putih sebagai bukti perjanjian. Umumnya dalam perjanjian juga dicantumkan beberapa rincian misal kapan waktu pembayaran, denda yang dikenakan bila ada pihak yang melakukan pelanggaran kesepakatan, dan lainnya.

Gunakan Jasa Agen Properti

Cara jitu jual rumah cepat selanjutnya yang tidak kalah mudah yaitu dengan menggunakan jasa agen properti. Cara ini cukup ampuh terutama dalam menentukan harga jual yang kompetitif, strategi pemasaran yang optimal, dan juga kerjasama dengan perbankan agar bisa medapatkan fasilitas KPR.
Demikian 7 cara jitu yang dapat Anda coba sebagai panduan jual rumah agar cepat laku. Semoga ketujuh cara jitu di atas dapat menjadi solusi jual beli rumah atau properti lainnya. Sekian dan selamat mencoba.

 

 

 

Sumber : ibtec.org


KOMENTAR

PENCARIAN BERITA

2018 © Ray White Sentul City

Powered by: